Minggu, 23 Januari 2011 - 12:03:11 WIB
Aplikasi Prinsip Mengenal Nasabah
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Banking Support Training - Dibaca: 57799 kali

Applikasi Prinsip Mengenal Nasabah (Know Your Customer ) Bagi BPR.


Gambaran Umum

Modul ini membahas bagaimana penerapan prinsip mengenal nasabah (Know Your Customer) bagi suatu BPR. Sebagaimana diketahui dalam menerapkan prinsip tersebut BPR wajib menetapkan kebijakan dan prosedur dalam penerimaan, identifikasi, pemantauan terhadap rekening dan transaksi nasabah. Kebijakan dan prosedur manajemen risiko yang berkaitan dengan penerapan prinsip mengenal nasabah. Terkait dengan pemantauan rekening dan transaksi nasabah, BPR wajib memiliki sistem informasi / sistem pencatatan yang dapat mengidentifikasi , menganalisis, memantau atau menyediakan laporan secara efektif mengenai karakteristik yang dilakukan oleh nasabah termasuk mengidentifikasi terjadinya transaksi keuangan yang mencurigakan.

Manfaat

Setelah selesai mengikuti modul ini para peserta diharapkan mampu

1.Menyusun kebijakan dan prosedur yang berkenaan dengan penerapan prinsip mengenai nasabah (KYC), memahami tata cara melakukan identifikasi, analisis, memantau dan menyediakan laporan yang harus disampaikan kepada Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) setelah diketahui adanya unsur trnasaksi keuangan mencurigakan.
2.Memberikan saran perbaikan yang bersifat protectif dan konstruktif kepada manajemen mencakup 5 (lima) faktor manajemen risiko yaitu pengawasan aktif oleh pengurus, kebijakan dan prosedur, pengendalian intern dan fungsi audit intern, sistem informasi manajemen dan sumber daya manusia dan pelatihan.
3.Membantu komisaris dan direksi dalam melakukan pengawasan terhadap operasional bank.

Pokok Bahasan

1.Definisi money laundering.
2.Money Laudering Steps.
3.Know Your Customer.
4.Implementasi KYC (Principle and Procedure).
5.KYC dan Money Laundering
6.Risk for the bank having no KYC Principle and Procedure.
7.Some High Risk Service Product.
8.Suspicious Transactions (Transaksi yang mencurigakan).
9.Some Examples of Suspicious Transactions (contoh-contoh kasus).
10.Opening Account.
11.Walk in Customers.
12.Anti Tipping Off.
13.Penyusunan Laporan dan tindak lanjut.

Peserta

1.Pengurus BPR (Komisaris dan Direksi BPR).
2.Staf front office (Teller, Customer Service) dan banck office ( Account Officer, Internal Auditor).

Methoda Pelatihan

a.Kuliah
b.Diskusi
c.Pembahasan Kasus-Kasus Pidana.

Lama Pendidikan

2 (dua) hari kerja; mulai pukul 08.00 – 17.00.




5300 Komentar :

jasa seo
24 April 2013 - 02:46:20 WIB

Selamat sore mas bro.. saya juga pecinta Honda lho...
obat sakit pinggang
23 Mei 2013 - 08:31:51 WIB

Selamat pagi pak, salam sukses untuk semuanya dan terimalasih atas informasinya.
pulau tidung
24 Mei 2013 - 00:41:59 WIB

selamat malam semua... trimakasih penawaran nya...
Gejala Stroke
25 Mei 2013 - 20:18:14 WIB

Gejala penyakit dan cara pengobatan
pulau tidung indonesia
28 Mei 2013 - 21:11:36 WIB

terimasih bayak atas infomasi yang telah di berikan http://wisatapulauindonesia.com/pulau-tidung/
Obat Kista
13 Juni 2013 - 14:34:23 WIB

terimakasih utk info nya
Jam Replika
17 Juni 2013 - 11:24:03 WIB

terima kasih infonya sangat menarik dan berguna sekali untuk saya

Jam Kw
17 Juni 2013 - 11:25:06 WIB

Berita ini sangat mengagumkan dan membantu saya

Jam Kw Super
17 Juni 2013 - 11:25:33 WIB

Terima kasih atas info yang di berikan dalam artikel ini

Jam Pria
17 Juni 2013 - 11:25:56 WIB

Terima kasih infonya yang sangat membantu

<< First | < Prev | 1 | 2 | 3 | ... | 530 | Next > | Last >>

Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)